Ciri-ciri Dan Gejala Asam Urat

Ada beberapa cara untuk mengetahui asam urat atau Gout. Dengan mengenali ciri-ciri orang memiliki faktor resiko terkena asam urat atau Gout, adalah sebagai berikut :

1. Pria

Asam urat memang paling banyak dialami oleh kaum pria dibanding wanita, karena wanita memiliki banyak hormon esterogen sehingga mampu mengontrol kadar asam urat dalam darah. Sekitar 80 % wanita yang mengalami atau terkena asam urat menjelang masa menopause.

2. Penggemar seafood

Asam urat merupakan penyakit radang yang dipicu oleh pengkristalan asam urat ( uric acid ). Asam urat ini merupakan sisa metabolisme purin, yakni senyawa alami yang terdapat dalam beberapa jenis makanan yang banyak mengandung protein dan lemak, misalnya daging, makanan seafood. Asam urat sering dikaitkan dengan reumatik.

3. Minuman alkohol

Selain makanan, jenis minuman tertentu juga kaya akan kandungan purin. Salah satunya adalah minuman keras beralkohol, tidak hanya bir namun tapai, minuman ragi, dan tuak juga dapat memicu asam urat

4. Kegemukan ( Obesitas )

Pada orang yang memiliki bentuk tubuh gemuk cenderung lebih mudah dan memiliki resiko tinggi terkena penyakit asam urat karena proses penguraian makanan purin yang bercampur lemak dalam darah sulit untuk dikeluarkan melalui urine, sehingga terjadi penumpukan dan penyumbatan lemak dalam darah, tanpa diimbangi air putih.

5. Faktor genetik atau faktor keturunan. Jika dalam keluarga anda, ada yang memiliki riwayat kesehatan terkena asam urat, kemungkinan anda juga dapat mengalami penyakit asam urat, segeralah periksakan kesehatan anda untuk mengetahui apakah anda memiliki kemungkinan terserang asam urat dari gen keluarga. Agar anda dapat meminimalisir atau mencegah dengan segera penyakit asam urat tersebut.

Gejala – gejala bila seseorang memiliki asam urat :

• Sering merasakan nyeri mendadak pada sel – sel persendian.

• Terkadang sulit berjalan karena merasakan nyeri bahkan bengkak pada pergelangan kaki.

• Terganggunya fungsi dari jaringan sel pada pangkal ibu jari, pergelangan kaki, punggung kaki, siku, lutut, dan pergelangan tangan

• Merasakan nyeri yang luar biasa pada bagian punggung karena terjadi penimbunan lemak dalam darah di batu ginjal

• Rasa sakit atau nyeri makin lama makin terasa sakit dapat disertai rasa panas dan sakit jika digerakkan.

• Bila dipegang akan terasa sakit seperti ada benjolan, terkadang membuat penderitanya demam, lesu pada malam hari terasa badan kedinginan.

Gejala dan ciri asam urat diatas tergantung dari diagnosa berdasarkan kadar asam urat, kadar purin pada makanan, berat badan, usia, dll.

Penyebab hiperurisemia dapat terjadi oleh beberapa sebab, yaitu :

1. Faktor luar, yaitu makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat dan berprotein tinggi, seperti emping, jerohan, sate kambing, coklat dan kacang-kacangan.

2. Minuman kafein seperti kopi, teh, dan kola, sangat berpengaruh pada peningkatan kadar asam urat dikarenakan mengandung alkaloida sebagai turunan dari purin (ksantin). Jika kadarnya tinggi dan beroksidasi dengan enzim ksantain maka muncullah asam urat.

3. Fungsi ginjal terganggu sehingga pembuangan asam urat menjadi berkurang.

4. Genetic, orang-orang yang mempunyai riwayat keluarga yang menderita asam urat berpeluang besar terkena penyakit ini dari pada orang yang tidak mempunyai keluarga penderita asam urat.

5. Obesitas/kegemukan, lebih berpeluang terserang dibanding orang yang berat badannya normal, karena lemak yang berlebih mengganggu kinerja ginjal untuk membuang asam urat.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Asam Urat and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>