Penyakit Asam Urat

Informasi Seputar Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian sendi – sendi jaringan ikat tubuh dan tendon yang disebabkan timbunan kristal urat. Kristal urat merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit asam urat dikarenakan banyaknya timbunan kristal urat dengan jangka waktu yang lama sehingga kristal urat terjadi peradangan dan membentuk sendi dan tendon pada jaringan urat di setiap sel tubuh. Biasanya asam urat dirasakan pada bagian sekitar kaki, tangan, pinggang, lutut dan tempat lainnya yang memilki jaringan syaraf urat paling banyak.

Asam urat dapat menimbulkan rematik/encok, sakit sendi lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak, bahu, mengganggu prostat, saluran dan kandung kemih, darah tinggi, menimbulkan batu ginjal, gagal ginjal, dapat memicu jantung koroner dan diabetes mellitus/kencing manis. Ukuran asam urat yang normal adalah Laki-laki : 3,4-7,0 mg/dl, Perempuan: 2,4-5,7 mg/dl). Penyakit asam urat dapat dirasakan pada usia 20 tahun atau 40 tahun. Kadar asam urat normal pada wanita tidak lebih dari 6 mg/dl, sedangkan pria 6,8 mg/dl, namun asam urat setiap orang berbeda – beda. Tergantung dari riwayat kesehatan, faktor genetik, asupan makanan yang dikonsumsi sehari – hari dsb.

Asam urat dalam bahasa inggirs disebut Gout atau penyakit pirai. Gout atau pirai yaitu peradangan yang banyak dirasakan pada persendian otot atau urat alam tubuh. Namun masyarakat luas lebih mengenalnya dengan penyakit asam urat. Penyakit asam urat sangat erat kaitan dengan ditandai meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Penyakit asam urat ini lebih banyak dialami oleh kaum pria dibanding wanita, karena dalam hal ini wanita memiliki kandungan hormon esterogen yang sangat tinggi yang berfungsi sebagai salah satu hormon yang membantu pembuangan kadar asam urat yang terlampau tinggi melalui pembuangan air seni. Tetapi hal tersebut tidak menjamin bahwa jumlah wanita yang terkena asam urat lebih kecil dibanding pria. Wanita yang ketika memasuki masa menopause akan menurun kadar hormon esterogennya, tidak menutup kemungkinan jika hormon esterogen menurun maka wanita juga dapat terkena penyakit asam urat.

Berikut ini adalah gambar umum bagian tubuh yang biasanya diserang penyakit asam urat

Asam urat pada kaki, Asam urat pada tulang, Bagian tubuh lain

Secara medis dijelaskan bagaimana proses terjadinya asam urat, seperti berikut ini :

- Bila kadar asam urat dalam darah menanjak tinggi maka akan menimbulkan pengkristalan pada persendian dan pembuluh darah kapiler, lalu kristal-kristal tersebut akan saling bergesekan dan melakukan pengerakan pada setiap sel persendian. Tidak hanya itu bila terjadi pengendapan kristal pada pembuluh darah saat beraktifitas, bagian kristal yang berbentuk tajam, akan menusuk – nusuk dinding pembuluh darah sehingga timbul rasa nyeri, sakit atau ngilu pada bagian tubuh yang mudah diserang.

- Jaringan tulang rawan, tendon dan selaputnya serta diginjal. Pada kondisi yang lebih akut, penumpukan Kristal akan mengendap sehingga terjadilah batu karang (tofus) yang beresiko menjadi radang bila terpicu oleh benturan, udara dingin serta stress. Selain itu juga mengakibatkan hilangnya fungsi lubricant/pelumas pada cairan getah bening yang akhirnya persendian menjadi sulit digerakan.

Namun menurut referansi kesehatan, kadar normal untuk pria dewasa adalah tidak lebih dari 6,8 mg/dl sementara untuk wanita adalah tidak lebih dari 6 mg/dl. Pria dewasa dikatakan sebagai penderita apabila kadar asam urat nilainya diatas 7 mg/dl, sementara untuk wanita adalah 6 mg/dl.

Asam urat juga memiliki fase sebelum terjadinya penyakit asam urat yang cukup serius.

Berikut adalah fase dalam penyakit asam urat :

1. Fase Asimtomatik

Fase Asimtomatik merupakan fase awal. Bila dirasakan kadar asam urat meningkat namun tidak menimbulkan gejala yang signifikan, hanya merasakan encok pada pinggang yang menyebabkan tekanan darah tinggi atau sakit pada bagian punggung.

2. Fase Akut

Dalam fase akut ini, biasanya asam urat naik secara tiba-tiba dan dirasakan pada waktu malam hari atau menjelang pagi. Biasanya penderita asam urat fase akut ini akan merasakan rasa nyeri yang begitu hebat pada bagian ibu jari kaki, namun akan hilang secara perlahan dan sendirinya dalam waktu 2 minggu.

3. Fase interkritikal

Bila penyakit asam urat diketahui sejak dini melalui pemeriksaan ketika awal pertama adanya gejala asam urat. Seseorang dapat mencegah dan mengobatinya sejak dini sehingga penderita asam uarat dapat kembali bergerak normal serta melakukan berbagai aktivitas apapun tanpa rasa sakit sama sekali.

* Jika kadar asam urat dalam darah meningkat, akan memicu penyakit lain yang cukup beresiko, diantaranya :

• Arthritis gout, peradangan pada persendian, terutama sendi perifer atau tunggal.
• Batu ginjal.
• Kerusakan ginjal akut, sehingga mengaharuskan penderita untuk melakukan cuci darah.
• Tekanan darah tinggi.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Asam Urat and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>