Perihal Kesehatan Bagi Penderita Asam Urat

Ada beberapa perihal prinsip yang harus senantiasa diperhatikan bagi penderita asam urat sebelum memasuki fase serius. Berikut akan dipaparkan secara luas apa saja yang perlu diperhatikan dalam menjaga kondisi kesehatan untuk meminimalisir atau mencegah penyakit asam urat

A. Beberapa prinsip diet yang harus dipatuhi oleh penderita asam urat :

1. Membatasi asupan purin atau rendah purin. Purin adalah makanan yang banyak memiliki sumber protein. Makanan yang mengandung purin dibagi menjadi 3 jenis, diantarnya :

- Makanan yang mengandung purin tinggi (150-800 mg/100 gram makanan) adalah hati, ginjal, otak, jantung, paru, lain-lain jeroan, udang, remis, kerang, sardin, herring, ekstrak daging (abon, dendeng), ragi (tape), alkohol serta makanan dalam kaleng.

- Makanan yang mengandung purin sedang (50-150 mg/100 gram makanan) adalah ikan yang tidak termasuk golongan A, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.

- Makanan yang mengandung purin lebih ringan (0-50 mg/100 gram makanan) adalah keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.

Jika melakukan diet normal , biasakan lah memberi asupan makanan purin 600-1.000 mg/hari, namun penderita asam urat batas normal 120-150 mg/hari.

2. Mencukupi asupan makanan sumber energi

Dengan mencukupi asupan makanan sumber energi seperti : protein, mineral, karbonhidrat, lemak dalam kadar normal ( 10-15 % dari total sumber energi lainnya ), zat besi yang didapt dari berbagai sumber makanan, sayuran, buah-buahan, vitamin atau suplemen tambahan energi. Menjaga gaya hidup, olahraga teratur, menjaga berat badan.

3. Mengonsumsi lebih banyak karbohidrat.

Jenis karbohidrat yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat adalah karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi. Karbohidrat kompleks ini sebaiknya dikonsumsi tidak kurang dari 100 gram per hari, yaitu sekitar 65-75% dari kebutuhan energi total.

4. Mengurangi konsumsi lemak.

Lemak bisa menghambat eksresi asam urat melalui urine. Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti jeroan, seafood, makanan yang digoreng, makanan bersantan, margarine, metega, alpokat, dan durian sebaiknya dihindari. Konsumsi lemak sebaiknya hanya 10-15% dari kebutuhan energi total.

5. Mengonsumsi banyak cairan.

Penderita rematik dan asam urat disarankan untuk mengonsumsi cairan minimal 1,5 liter atau setara dengan 8-10 gelas sehari. Cairan ini bisa diperoleh dari air putih, teh, kopi, cairan dari buah-buahan yang mengandung banyak air seperti apel, jeruk, semangka, melon, blewah dan belimbing.

6. Tidak mengonsumsi minuman beralkohol

Alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini bisa menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh. Karena itu, orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsinya.

7. Mengonsumsi cukup vitamin dan mineral.

Konsumsi vitamin dan mineral yang cukup, sesuai dengan kebutuhan tubuh akan dapat mempertahankan kondisi kesehatan yang baik.

B. Kadar asam urat sangat berhubungan erat dengan makanan yang di konsumsi. Oleh karena itu, pengaturan pola makan sangat di perhatikan. Untuk menghindarkan diri dari penyakit ini ada beberapa hal yang perlu kita lakukan yang lebih bersifat mencegah, antara lain :

1. Mengurangi makanan yang mempunyai kandungan lemak tinggi, baik nabati maupun hewani.

2. Lebih mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sedang atau rendah, misalnya wortel, labu, telur, keju, daging ayam dan ikan air tawar.

3. Melakukan olahraga secara teratur.

4. Bila mengalami obesitas, turunkan berat badan sampai mendekati ideal.

5. Mengendalikan stress dan istirahat yang cukup.

6. Memperbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari dan hindarilah minum dingin atau es.

7. Hindari konsumsi bahan pangan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti :

a. Minuman fermentasi dan mengandung alcohol.

b. Udang, remis, tiram, kepiting, kerang.

c. Berbagai jenis makanan kaleng seperti sarden, kornet sapi.

d. Berbagai jeroan seperti hati, ginjal, jantung, otak, paru, limpa, usus.

e. Buah-buahan tertentu seperti durian, alpokat dan es kelapa.

C. Beberapa hal berikut yang dianjurkan untuk penderita asam urat :

1. Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang rasa sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya).

2. Perbanyak minum air putih, terutama bagi pengidap penderita batu ginjal,untuk mengeluarkan kristal asam urat tubuh.

3. Makan makanan yang mengandung potassium tinggi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, alpukat, susu dan yogurt dan pisang.

4. Makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry.

5. Aktif secara seksual. Dalam arti minimal melakukan hubungan seksual 2-3 kali seminggu.

6. Bila perlu konsumsi tambahan minuman herbal alami. Kini sudah banyak perusahaan obat atau produsen herbal yang memproduksi obat herbal, baik yang dikemas dalam bentuk minuman segar, jamu, ataupun obat. Karena obat herbal tidak mengandung efek samping negatif apabilapara pengolah tanaman herbal memproses secara higienis.


=====================================

>>> Kapsul Sidaguri, TERBUKTI Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Asam Urat and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>